Tulisan jalan

Kamis, 20 Juni 2013

Mendidik Anak Melalui Cerita Dongeng Anak

Adakah proses pembelajaran dalam cerita dongeng anak? Membacakan dongeng kepada anak pada sebagian keluarga merupakan sebuah ritunitas yang biasa dilakukan sebelum tidur. Tetapi seiring dengan kesibukan orang tua yang semakin padat, membuat orang tua tidak memiliki cukup waktu untuk membacakan dongeng kepada anak mereka. Padahal membacakan cerita dongeng anak bukan semata-mata cara membuat anak tertidur. Tetapi kegiatan ini merupakan bagian dari kreasi pembelajaran bagi anak.


cerita dongeng anak memberikan dampak keceriaan pada kehidupan masa kanak-kanak. Keceriaan ini tidak hanya memiliki misi untuk memberikan nasehat kepada anak, tetapi keceriaan ini akan berimbas kepada meningkatnya kesehatan anak, terbentuknya mental yang tangguh dan pengalaman moral yang akan mempengaruhi karakter anak pada saat dewasa.

Sebagai contoh, cerita dongeng anak Putri Salju. Dalam membacakan dongeng Putri Salju, perlu anda tekankan karakter-karakter baik hati dari sang putri kepada anak. Adanya tokoh dengan karakter antagonis juga perlu anda garis bawahi. Menjelaskan mana yang baik dan mana yang tidak baik dan kemudian merefleksikan kisah tersebut dalam kehidupan sehari-hari si anak akan semakin membuat anak faham tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukannya, sekaligus tentang bagaimana berinteraksi terhadap sesama dengan baik. Pada bagian ini, kecerdasan emosional anak yang ditempa.

Membacakan cerita dongeng anak akan mengasah kreatifitas anak. Pada anak-anak, mereka mimiliki ruang imajinasi yang luas. Dongeng yang anda bacakan akan melatih imajinasinya ke arah yang positif. Imajinasi yang positif akan melairkan kreatifitas yang mengagumkan.

Komunikasi antar tokoh dalam cerita dongeng anak juga memberikan kontribusi tersendiri dalam proses pembelajaran. Lewat komunikasi tersebut, anak akan belajar tentang keterampilan berkomunikasi. Komunikasi tokoh dongeng yang anda sampaikan dengan baik akan memberi anak anda contoh bagaimana cara bertutur kata yang baik dan sopan.

Tips Membcakan Cerita Dongeng Anak
Berikut ini ada beberapa tips membaca cerita dongeng anak agar dongeng yang anda bacakan menjadi pengalaman yang menarik bagi anak anda dan pesan-pesan yang terkandung di dalam dongeng mampu mereka mengerti:

Membacalah dengan enjoy.
Alokasikan waktu yang cukup untuk agenda membacakan dongeng anak – anak. Tidak harus waktu menjelang tidur. Karena hal terpenting yang harus dilakukan ketika membacakan cerita dongeng anak adalah anda harus enjoy. Waktu yang luang akan membuat anda semakin menikmati kegiatan membacaka dongeng. Dengan menunjukkan kenikmatan dan kesenangan anda dalam membacakan dongeng, anak anda akan lebih tertarik mendengarkan kelanjutan cerita di dalam dongeng.

Bacalah sesuai dengan alur dongeng.
Setiap cerita memiliki alur yang berbeda. Tugas anda ketika membacakan cerita dongeng anak adalah mengajak anak anda masuk kedalam cerita. Ini hanya akan terjadi ketika anda membaca sesuai alur ceritanya.

Diskusikan dengan anak anda gambar-gambar yang terdapat dalam buku cerita dongeng anak.
Untuk buku cerita dongeng anak yang dilengkapi gambar, tunjukkan gambar itu kepada anak anda. Manfaatkan gambar tersebut sebagai topik diskusi dengan anak anda. Biarkan anak anda dengan bebas menginterpretasikan gambar tersebut berdasarkan dongeng yang telah didengarnya.

Jawab pertanyaan anak.
Anak anda akan memunculkan banyak pertanyaanĂ‚  ketika anda membacakan cerita dongeng anak. Mereka mungkin akan bertanya tentang kosakata yang tidak dimengerti ataupun tentang jalannya cerita. Ini memberikan anda kesempatan untuk menjelaskan banyak hal kepada anak anda.

Sampaikan pesan moral dari dongeng.
Setelah dongeng usai dibacakan kepada anak, jangan lupa untuk mengupas pesan moral dari cerita dongeng anak yang telah dibacakan. Meminta anak untuk terlebih dahulu menyampaikan pelajaran dari dongeng akan mengasah kemampuan anak untuk menganalisa. Setelah anak menyampaikan, giliran anda untuk menjelaskan kepadanya dengan bahasa yang mudah di fahami.
Dengan membacakan cerita dongeng anak akan membantu perkembangan emosional anak anda dan bisa meningkatkan daya imaginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar