Tulisan jalan

Rabu, 11 Februari 2015

Contoh Naskah Pidato Sambutan dari Wakil Pengantin Wanita



1. Contoh Naskah Pidato Sambutan dari Wakil Pengantin Wanita

Ibu-ibu dan Bapak-bapak yang kami Hormati,
Hadirin dan hadirat yang kami muliakan,

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera dan salam bahagia kami sampaikan juga kepada hadirin dan hadirat yang beragama lain.

Pertama-tama marilah kita mengucapkan syukur alhamdulillah, atas nikmat dan rahmat-Nya yang dilimpahkan kepada kita semua, sehingga pada malam yang berbahagia ini kita bisa mengadakan silaturahmi, khususnya dalam rangka ikut serta menyaksikan malam resepsi pernikahan putri kami (nama mempelai wanita) dengan putra (nama mempelai pria).

Selanjutnya puja dan puji juga kita sampaikan kepada Nabi Besar Muhammadjunjungan kita, semoga beliau senantiasa di temptakan di sisi Allah SWT sebagai umatnya yang paling mulia. Amin!

Atas nama ayahanda putri tercinta (nama mempelai wanita), yang pada malam hari ini duduk berdampingan dengan sang raja sehari (nama mempelai pria), kami mengucapkan selamat datang kepada rombongan pengantin pria, khususnya selamat datang kepada keluarga besar putra (nama mempelai pria). Semoga itikad baik saudara-saudara itu mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT. Amin!

Hadirin yang berbahagia, dengan disaksikan hadirin yang pada malam hari ini ikut berbahagia menyaksikan perkawinan putra berdua, kami atas nama bapak (nama ayahmempelai wanita) sekeluarga, dengan seizin Allah SWT, Insya Allah dengan tulus menerima keluarga besar Bapak (nama ayah mempelai pria) sebagai keluarga sendiri, sekaligus juga tentunya menerima putranda (nama mempelai pria) sebagaimana layaknya putra sendiri. Mudah-mudahan hubungan keluarga ini mendapat berkah dari Allah SWT hingga di akhirat kelak. Amin!

Kepada putranda (nama mempelai pria), sebagai seorang suami tentunya sepenuhnya bertanggung jawab terhadap seorang istri. Oleh sebab itu kami serahkan nanda (nama mmpelai wanita) kepadamu, pergaulilah istrimu sebagaimana engkau menggauli dirimu sendiri, kasihilah istrimu sebagaimana kamu mengasihi dirimu sendiri. Insya Allah hidupmu akan bahagia hingga akhir hayat di kandung badan. Amin!

Hadirin yang kami hormati, atas nama keluarga Besar (nama ayah mmpelai wanita) juga menyampaikan terima kasih yang tak terhingga, atas ringan kaki, dan berbagai bantuan lainnya, dalam ikut serta berbahagia bersama kami, khususnya dalam rangka ikut mnyaksikan sekaligus memberikan doa restu semoga pengantin yang berbahagia ini senantiasa hidup rukun berdampingan penuh berkah dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pemurah. Amin!

Akhirnya, atas nama Bapak (nama ayah mmpelai wanita) sekeluarga kami mohon maaf, jika ada sesuatu yang kurang berkenan dalam acara resepsi malam ini.

Billahitaufiq walhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
________________________________________________________________________


 2. Sambutan Wakil Pengantin Wanita

Ibu-ibu dan Bapak-bapak yang kami Hormati.
Hadirin dan hadirat yang kami muliakan.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam sejahtera dan salam bahagia kami sampaikan juga kepada hadirin.

Pertama-tama marilah kita mengucapkan syukur atas rahmat Tuhan yang dilimpahkan kepada kita semua, sehingga pada malam yang berbahagia ini kita bisa mengadakan silaturahmi, khususnya dalam rangka ikut serta menyaksikan malam resepsi pernikahan putri kami (nama mempelai wanita) dengan putra (nama mempelai pria).
Selanjutnya puja dan puji juga kita sampaikan kepada Nabi Besar Muhammad junjungan kita, semoga beliau senantiasa di temptakan di sisi Allah SWT sebagai umatnya yang paling mulia. Amin.
Atas nama ayahanda putri tercinta (nama mempelai wanita), yang pada malam hari ini duduk berdampingan dengan sang raja sehari (nama mempelai pria), kami mengucapkan selamat datang kepada rombongan pengantin pria, khususnya selamat datang kepada keluarga besar putra (nama mempelai pria). Semoga itikad baik saudara-saudara itu mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah. Amin.
Hadirin yang berbahagia, dengan disaksikan hadirin yang pada malam hari ini ikut berbahagia menyaksikan perkawinan putra berdua, kami atas nama bapak (nama ayah mempelai wanita) sekeluarga, dengan seizin Allah, dengan tulus menerima keluarga besar Bapak (nama ayah mempelai pria) sebagai keluarga sendiri, sekaligus juga tentunya menerima putranda (nama mempelai pria) sebagaimana layaknya putra sendiri. Mudah-mudahan hubungan keluarga ini mendapat berkah dari Allah hingga di akhirat kelak. Amin.
Kepada putranda (nama mempelai pria), sebagai seorang suami tentunya sepenuhnya bertanggung jawab terhadap seorang istri. Oleh sebab itu kami serahkan nanda (nama mmpelai wanita) kepadamu, pergaulilah istrimu sebagaimana engkau menggauli dirimu sendiri, kasihilah istrimu sebagaimana kamu mengasihi dirimu sendiri. Insya Allah hidupmu akan bahagia hingga akhir hayat di kandung badan. Amin.
Hadirin yang kami hormati, atas nama keluarga Besar (nama ayah mmpelai wanita) juga menyampaikan terima kasib, yang tak terbingga, atas ringan käki, dan berbagai bantuan lainnya, dalam ikut serta berbahagia bersama kami, khususnya dalam rangka ikut mnyaksikan sekaligus memberikan doa restu semoga pengantin yang berbahagia ini senantiasa hidup rukun berdampingan penuh berkah dari Allah, Tuhan Yang Maha Pemurah. Amin.
Akhirnya, atas nama Bapak (nama ayah mmpelai wanita) sekeluarga kami mohon maaf, jika ada sesuatu yang kurang berkenan dalam acara resepsi malam ini. Terima kasih.
______________________________________________________________

 
3. Sambutan Melamar Calon Pengantin Putri

Bapak-bapak, ibu-ibu, hadirin sekalian yang saya kasihi,
Sebelumnya marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang telah menyertai dan membimbing kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di rumah bapak_______dalam keadaan sehat. Semoga kebahagiaan, dan keselamatan selalu bersanding kepada kita semua, khususnya keluarga besar bapak_______, Sebagai wakil dari bapak_______, kami diperintahkan untuk menyampaikan salam taklim daribapak_______ sekeluarga,teruntuk bapak_______ sekeluarga, agar selalu dalam lindungan-Nya.
Sesuai   permohonan   bapak,   kami   diutus   untuk menanyakan  kepada bapak ibu_______, bahwa apakah betul bapak, benar-benar memiliki putri yang bernama, yang sekarang masih gadis dan belum memiliki pasangan hidup.
Apabila betul, dengan ini kami datang ke sini, memohon agar diperkenankan menyampaikan lamaran untuk anak läki¬läki kami yang bernama_______, yang saat ini ikut hadir di rumah ini.
Bapak, ibu dan hadirin yang saya banggakan,
Apabila sesuai rencana kami, maka pada hari ini juga, bapak sekeluarga hendak menyampaikan sebuah cincin, agar nantinya bisa diberikan di järi manis adinda, putri bapak Selain itu, kami juga memberikan oleh-oleh, yang mungkin nilainya tidak seberapa. Namun kami berharap, berkenan di hati bapak ibu sekeluarga.
Demikian sambutan dari kami. Semoga bapak dan ibu serta hadirin disini berkenan memberikan maaf kepada kami jika tutur kata dan sikap kami kurang berkenan di hati bapak dan ibu. Terima kasih

  _____________________________________________

 4. SAMBUTAN PENERIMAAN DARI WAKIL KELUARGA
CALON PENGANTIN WANITA (CPW)

Assalamualaikum WW

Yang kami hormati keluarga calon besan kami keluarga Bapak …….dan Ibu…… beserta seluruh keluarga besarnya.

Syukur alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, pada sore hari ini diruangan nan megah ini telah hadir rombongan keluarga besar Calon mempelai pria keluarga besar Bapak………………..dan Ibu……….dengan maksud yang telah diutarakan tadi mengantarkan putra tercinta Ananda…….untuk dinikahkan dengan pujaan hatinya putri kami Ananda……..

Kami Atas nama keluarga Besar Bapak ……dan Ibu……mengucapkan selamat datang dan mohon maaf apabila ada kesalahan dari kami dalam penerimaan ini.

Kami mewakili Keluarga besar Calon mempelai wanita dengan ini menerima Calon mempelai pria dan insyaAllah akan kami nikahkan dengan putri kami ananda……….
Bersama ini kami juga akan menerima seluruh seserahan atau bawaan yang diberikan kepada kami.terimakasih banyak kami haturkan semoga semua ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Harapan kami tentunya seluruh rangkaian acara ini dapat berjalan dengan lancar.
Terakhir kami persilahkan seluruh keluarga besar Calon mempelai pria untuk memasuki ruangan pelaksanaan abdun nikah.

Billahitaufikwalhidayah. Wassalamualaikum WW.
__________________________________________________________


Assalamuala'kum Wr.Wb. Alhamdulillah, Asyhadu anlaa ilaaha ilallaah wahdahu laa syari kalah, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu warosulu la nabiyya ba'dah.
 Allohumma sholli 'ala sayyidina Muhammad, wa'ala alihi wasohbihi waman tabi'ahum biihsanin ilaa yaumiddin.
qoolallahu ta'ala fil qur'anil kariim, a'udzubillaahi minashaitonirrojiim, bismillah hirrohmaanirrohiim :
وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجاً لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ Amma ba’du :
........... Hadirotul kirom : para alim, para ustadz, Yg saya mulyakan :
Bapak2, poro sepuh, pini sepuh, Yg saya mulyakan :
Bapak2, Ibu2, saudara para hadirin Wabil Husus :
Shobil Bait, shohibul Hajah, Keluarga pengantin Putra/Putri Bapak ………….. beserta keluarga
 Pertama, kami sampaikan puji syukur kehadirat ALLOH SWT yang telah melimpahkan nikmat kepada kita semua yang hadir pada acara mulia ini, semoga niat yang tulus dari Kedua Mempelai Pengantin beserta Keluarga Pengantin menjadikan pernikahan SDR. ……………. Dan ………….. selalu dalam lindungan ALLOH SWT dan dijadikan keluarga yang sakinah mawaddah warohmah. Amin…
Kedua, semoga sholawat dan salam selalu tercurah kepada junjungan kita Baginda Rosulolloh Muhammad SAW, mudah2an kita yang hadir pada hari ini yaitu dalam rangka menjalankan sunnah rosul, yaitu pernikahan SDR ………….. dan ……………….. selalu menjadikan beliau sebagai teladan dalam hidup dan kehidupan kita.Amin.
Ketiga, kami disini tak akan menyampaikan panjang lebar, bahwa kami selaku wakil dari keluarga memperlai PRIA/WANITA yaitu Bapak………….. sekeluarga menghaturkan/menerima salam kepada/dari Keluarga mempelai PRIA/WANITA dengan ucapan Assalamualaikum Wr. Wb./Waalaikum Salam Wr. Wb Sekaligus dengan perasaan bahagia, dengan lapang dada dan tangan terbuka menghaturkan/menerima pasrah pengantin keluarga Bapak ……………. Dhohir dan batin, dengan harapan mudah-mudahan niat mulia yang tulus dari pengantin untuk mengikuti sunnah Rosul, yaitu pernikahan benar-benar mendapatkan bimbingan dan RIDHO dari ALLOH SWT.
Bapak,Ibu, Sdr, yang kami mulyakan, kami disini selaku wakil dari keluarga Bapak ……. Juga menyampaikan bahwa, pernikahan SDR …………. Dan …….…. Tidak hanya menyatukan kedua mempelai berdua, tetapi sekaligus menyatukan dua keluarga, yaitu keluarga Bapak…. Dan Bapak…. Menjadi sebuah keluarga besar yang akan terus menjalin tali kasih sayang, tali silaturrahim diantara kedua keluarga ini. Artinya tali kasih sayang yang dibina oleh pengantin, juga menjadi tali kasih sayang keluarga kami masing2. Dari terbinanya jalinan silaturrahim kedua keluarga ini, maka pengantin putra SDR………….. akan menjadikan Bapak/Ibu……. Seperti Bapak/Ibunya sendiri, Demikian juga pengantin putrid SDRI………….. akan menjadikan Bapak/Ibu……. Seperti Bapak/Ibunya sendiri. Dan Kamipun Keluarga Bapak…… akan memperlakukan SDRI seperti anak kami sendiri, yang dengan sekuat tenaga kami akan mendampingi mereka dalam pembinaan rumah tangganya. Bapak,Ibu, Sdr yang kami mulyakan, kami disini keluarga dari Bapak…….. hanya dapat berharap bahwa kedua mempelai dapat bersama-sama saling belajar, saling mengerti, saling mengingatkan satu sama lain untuk membina keluarga yang Sakinah Mawaddah Warohmah sesuai apa yang telah diajarkan oleh Rosululloh didalam kitab suci AL Qur’an dan sunnah sunahnya.
Yang terakhir, kami selaku wakil dari Keluarga Bapak ………………… menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bpk/Ibu/Sdr keluarga Bapak ……………. Dalam acara yang mulia ini.
Mudah-Mudahan ALLOH SWT selalu meridhoi dan menuntun mempelai berdua untuk menjadi keluarga yang SAKINAH MAWADDAH WAROHMAH.
Dan kami memohon maaf yang sebesar-besarnya bila penghormatan, penyambutan, Bapak/IBUSdr kurang berkenan di hati Bapak Ibu Sekalian… 
__________________________________________________________

6. PIDATO PENYERAHAN CALON PENGANTIN

o      Kepada yang terhormat para alim ulama yang senanatiasa kami harap berkah do’a dan bimbingannya.
o      Kepada para sesepuh pini sepuh yang senantiasa kami patuhi.
o      Khususnya kepada shohibul hajjah bapak khmdi sekeluarga yang saya hormati.
o      Kepada para hadirin yang dimulyakan Allah swt. Sebelumnya, marilah kita menghanturkan puja puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan beribu kenikmatan kepada kita semua khususnya kenikmatan iman dan islam, sehingga kita dapat berkumpul dalam acara serah terima calon pengantin pada kesempatan ini dalam keadaan sehat tanpa ada suatu halangan apapun.
Shplawat serta salam Allah SWT semoga tercurahkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari zaman jahilliyah menuju zaman islam dan semoga kita menjadi umatnya yang mendapatkan syafa’atnya besok dihari kiamat.Amin.
Para hadiri yang terhormat saya, disini selaku wakil atau wasilah dari bapak ................sekeluarga menyampaikan bahwa beliau bapak .................. tidak dapat memberikan kata sambutan sendiri di hadapan para hadirin, karena rasa suka cita dan bahagia akan mendapat anugerah berupa pengantin bagus Muhammad ismail dan putri ayu siti nur fadillah.
Yang pertama bapak ....................... menghanturkan salam ta’dhim atau salam hormat semoga terhantur kepada bapak hamdi sekeluarga dengan ucapan: ASSALAMUALAIKUM WR.WB
Dengan puji-pujian semoga bapak hamdi sekeluarga senantiasa mendapat limpahan berkah dan rahmat dari Allah SWT. Dan mendapatkan kebahagiaan.Amien
Kedua kalinya, saya bermaksud untuk menyampaikan amanat dari bapak .................. guna menyerahkan calon pengantin putra yang bernama ......................... dengan harapan semoga bisa dinikahkan dengan putri ............................... putri bapak hamdi.
Yang ketiga, sebelum calon pengantin saya serahkan kepada keluarga disini,saya senantiasa memuji kehadirat Allah SWT yang maha kuasa, semoga upacara akad nikah dapat berjalan dengan lancar, setelah calon pengantin saya serahkan kepada keluarga disini, maka selanjutnya semuanya saya persilahkan yang terbaik dalam mendidik sang pengantin dengan ucapan LAKHAULA WALAKUWWATA ILLABILLAH HILA’LIYILADZIM Perlu kami sampaikan bahwa ......................................masih penjaka, kalau tidak percaya silahkan dites sendiri. Juga beliau belum pernah berumah tangga, sehingga apabila dirumah ini nanti banyak kesalahan saya mohon agar diarahkan dan dibimbing supaya dalam perjodohan dan rumah tangga dapat tentram bahagia dunia hingga akhirat. Amin Tidak lupa, saya serahkan maskawin beserta semua perlengkapan yang telah dibawa oleh teman-teman pengiring calon pengantin, meskipun sedikit tidak seberapa banyaknya, semoga bisa diterima dengan lapang dada dan membawa manfaat. Para hadirin, selanjutnya saya selaku wakil rombongan pengantar calon pengantin putra meminta beribu maaf kepada bapak hamdi sekeluarga, karena banyak kekhilafan dari tingkah laku,tutur kata yang kurang berkenan dihati keluarga disini, sekali lagi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Yang terakhir, apabila nanti acara sudah selesai saya berserta rombongan akan minta izin pamit pilang,dengan harapan semoga selamat sampai di rumah tidak ada halangan apapun. Amin
Demikian apa yang bisa saya sampaikan, atas segala kesalahan dalam bertutur kata dan tindak tanduk saya mohon maaf yank sebesar-besarnya…

15 komentar:

  1. Sangat bermanfaat sekali bagi saya , karena saya sering banget di minta bantuan untuk menjemput , menyerahkan dan menerima pengantin. Thanks ya..

    BalasHapus
  2. Salaut dan terima kasih sebagai bahan referensi dan perbandingan konsep yg sudah ada,

    BalasHapus
  3. Terima kasih.....konsep-konsep kata sambutannya, nam wawasan.

    BalasHapus
  4. Terimakasih,sangat bermanfaat bagi kami...

    BalasHapus
  5. Mohon maaf izin share ya ...
    Jazakumulloh khoiron katsiro ... terima kasih ini sangat membantu untuk persiapan rangkaian acara pernikahan.

    BalasHapus
  6. Terima kasih, sangat bagus untuk nambah wawasan bagi yg sering bertugas memberi sambutan

    BalasHapus
  7. Terima kasih,mudah"an jadi penambahan ilmu dan menjadi manfaat

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, saya merasa senang dgn. adanya contoh dan sekaligus sbg panduan kami yg.sdg belajar dan akan diperbantukan oleh tetangga utk. acara tsb. matur suwun

    BalasHapus
  9. Terima kasih,mudah2an bisa menjadi acuan

    BalasHapus
  10. Syukron ilmunya semoga barokah dan menambah wawasan dalam berpidato..

    BalasHapus
  11. Jazaakumullah khairan katsiran, this speech is helping me so much.

    BalasHapus
  12. Terimakasih atas bantuan pedoman untuk sambutan wakil keluarga semoga ini bermanfaat bagi pembaca ini semua amin...

    BalasHapus