Tulisan jalan

Rabu, 11 Februari 2015

CONTOH SUSUNAN ACARA WALIMATUL NIKAH



1.         Opening / pembukaan
Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Innalhamdalillah wala khaulawala kuwwata illa billah a'mma ba'du.
Bapak, Ibu Saudara Sekalian yang kami hormati, sohibul hajjah yg kami hormati, dan kedua mempelai yg berbahagia. Pada hari yg berbahagia ini, marilah terlebih dahulu memanjatkan puja danpuji syukur kita kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan karuniaNya kita sekalian bisa hadir memenuhi undangan Keluarga Bapak ALM.USEP AHDI dalam rangka akad nikah putrinya yang bernama NURHAYATI dengan saudara ENDAR DWIPRAYITNO dari keluarga bapak SUTARPO. Demi kelancaran acara, marilah kita membacakan basmalah bersama-sama  BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM ..
Hadirin yang berbahagia, pada hari yang berbahagia ini pula, telah kami susun rangkaian acara pernikahan ini sebagai berikut :
·         Pembukaan, yang sekaligus telah kami bawakan
·         Serah terima yang diawali
·         Sambutan dari wakil calon mempelai pria sekaligus penyerahan
·         Sambutan dari wakil calon mempelai wanita sekaligus penerimaan
·         Simbolis seserahan
·         Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
·         Akad nikah yang dilanjutkan dengan pembacaan do’a
·         Sungkeman dan saweran
·         Pemberian ucapan selamat kepada kedua mempelai

2.         Serah terima

a.    Sambutan dari calon mempelai pria sekaligus penyerahan
Hadirin yang kami hormati, sebagaimana layaknya adat kita maka atas namakeluarga mempelai wanita memberikan kesempatan kepada pihak mempelai priauntuk memberikan sekapu sirih, sebagai amanat keluarga menyerahkan pengantin pria kepada keluarga pengantin wanita. Untuk itu segera saja kami serahkankepada yang mewakilinya. Yang terhormat wakil keluarga pengantin pria kami persilahkan...
b.    Sambutan dari calon mempelai wanita sekaligus penerimaan
Terima kasih Bapak (______________________) yang telah dengan ikhlas penuh kesungguhan telah menyampaikan amanat pengantin pria sekeluargakepada keluarga pengantin wanita.Selanjutnya, kiranya tepat sekali jika segera kesempatan berikutnya kamiserahkan kepada pihak keluarga pengantin wanita, yang dalam hal ini akandiwakili oleh (_____________________). untuk itu yang terhormat Bapak (______________________) kami persilahkan..
c.     Simbolis seserahan
Terima kasih Bapak (______________________) yang telah menyampaikanamanat pengantin wanita sekeluarga kepada keluarga pengantin pria.Selanjutnya acara akan dilanjutkan dengan
simbolis seserahan dari calonmempelai pria kepada calon mempelai wanita, yang akan diwakili oleh ibundadari calon mempelai pria kepada ibunda calon mempelai wanita. Kepadanyadipersilahkan..
3.         Pembacaan ayat suci Al- Qur’an
Untuk memanfaatkan waktu, marilah kia mulai saja acara selanjutnya, yakni pembacaan ayat suci Al- Qur’an , yang segera akan dibawakan oleh(_________________________)
4.         Akad nikah + doa
Selanjutnya marilah kita ikuti acara inti , yaitu akad nikah yang dilanjutkan denganpembacaan doa, akad nikah yang akan dilaksanakan antara Saudari NURHAYATI dengan saudara ENDAR DWI PRASETYO . Dalam hal ini akan dipimpin oleh Bapak(____________________________) selaku petugas dari Kantor Urusan Agama Kab. Bogor,kepada Bapak (_____________________) kami persilakan
5.         Sungkeman dan saweran
Alhamdulillahirabbil ’Alamin, baru saja kita saksikan pelaksanaan akad nikah antara saudari NURHAYATI dengan saudara ENDAR DWI PRASETYO . Mudah-mudahan akad nikahini akan selalu menjadi tali pengikat cinta kasih abadi bagi mempelai berdua. Semogamempelai berdua tetap istiqomah dalam membina dan membentuk rumah tangga yangharmonis, rukun, Sakinah ma waddah warrohmah..Acara selanjutnya yaitu sungkeman yang akan lansung dilanjutkan dengan saweran ,dan akan dipimpin oleh Ibu (___________________________) kepadanya dipersilahkan.
6.         Closing / Penutup
Alhamdulillah, rangkaian acara akad nikah sampai dengan prosesi sungkeman dansaweran telah dilewati dengan baik. Dengan hormat kepada seluruh hadirin memberikanucapan selamat kepada kedua mempelai beserta keluarga, dilanjutkan dengan santap siang yang telah disediakan oleh keluarga mempelai. Kami persilahkan..
 Wassalamualaikum Warrahmautullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar